Laman

Minggu, 24 Maret 2013

31 PENYANYI PRIA TERBAIK di KOREA berdasarkan penilaian Ahli Vokal Korea [GRUP]



NAH! INI DIA! Di dunia musik Korea, ada banyak sekali penyanyi-penyanyi pria dari berbagai macam Boyband yang masing-masing memiliki ciri khas serta karakter suaranya masing-masing. Pertanyaannya adalah : "SIAPA YANG TERBAIK?". Hal ini selalu mengundang tanda tanya dan rasa keingintahuan bagi para penggemar musik Korea mengingat akan banyaknya artis-artis Korea yang memiliki suara yang kualitasnya tidak dapat kita abaikan begitu saja.

Setiap fans pasti memiliki pilihan mereka masing-masing menyangkut perihal ini. E.L.F pasti akan memilih Yesung, Kyuhyun, atau mungkin Ryeowook sebagai penyanyi terbaik di Korea. SHAWOL sebaliknya akan memilih Jonghyun atau Onew. Para V.I.P pun tidak mau memilih yang lain selain idola mereka, Taeyang, Daesung atau Seungri!

Tapi, bagaimana dengan pendapat para ahli vokal di Korea atau yang disebut juga dengan "KOREAN VOCAL COACH" mengenai hal ini? Siapa yang mereka pikir patut untuk menyandang gelar sebagai "PENYANYI PRIA No.1 di KOREA"?

Mengenai hal ini, Korean Vocal Coach menilai para penyanyi pria di Korea berdasarkan 5 ASPEK PENTING, yaitu :

1. TONE (WARNA SUARA)Nilai : 1 - 10
Sebagus dan seunik apa suara seorang penyanyi? Dari aspek TONE inilah, hal tersebut dinilai. Aspek TONE ini menilai kualitas suara seorang penyanyi dalam keadaan 100% murni. Yang dimaksud murni disini adalah suara yang ia hasilkan masih bersih dari campur tangan aspek menyanyi lainnya. TONE atau Warna Suara menilai seberapa bagusnya suara penyanyi tersebut dalam keadaan normal, tanpa ada sedikitpun sentuhan dari : Skill / Teknik Vokal, Penjiwaan / Penghayatan Lagu, Jangkauan Nada yang dapat dicapai, de el el...
Aspek TONE atau Warna Suara ini juga menilai seberapa unik atau berkarakternya suara yang dimiliki oleh seorang penyanyi. Keunikan atau berkarakternya suara yang dimiliki seorang penyanyi tersebut dapat diketahui jika suara yang dimiliki penyanyi tersebut dapat diketahui atau dibedakan dengan mudah diantara suara penyanyi-penyanyi lainnya. Suara yang mereka miliki tidak pasaran, serta memiliki karakter yang kuat.

2. TREBLE (NADA TINGGI)Nilai : 1 - 5
Pada aspek TREBLE ini, hal yang dinilai adalah seberapa tinggi nada yang dapat dicapai oleh seorang penyanyi.

3. SKILL (TEKNIK VOKAL)Nilai : 1 - 5
Pada aspek SKILL ini, hal yang dinilai adalah seberapa baik teknik vokal yang dimiliki oleh seorang penyanyi. Skill tersebut termasuk juga teknik pernafasan, teknik falsetto, artikulasi, interpretasi nada, dan berbagai macam teknik lainnya. Semakin banyak teknik yang mampu dikuasai seorang penyanyi, akan membuat suara yang awalnya biasa-biasa saja menjadi bagus atau suara yang awalnya sudah bagus menjadi lebih baik lagi.

4. RANGE (JANGKAUAN NADA)Nilai : 1 - 5
Pada aspek RANGE ini, hal yang dinilai adalah seberapa luas jangkauan nada yang dapat dijangkau seorang penyanyi. Aspek RANGE dan TREBLE memiliki banyak kesamaan, tetapi tentunya ada perbedaan yang mendasar antara kedua aspek ini. Karena aspek RANGE ini menilai seberapa luas jangkauan nada yang mampu dicapai, penyanyi yang memiliki RANGE yang luas tidak harus mampu menjangkau nada-nada tinggi, walaupun kebanyakan atau seharusnya begitu. RANGE yang luas dapat juga berarti penyanyi tersebut mampu menjangkau nada-nada rendah yang tidak mampu dijangkau penyanyi biasa. Tapi tetap saja, penyanyi dengan RANGE luas biasanya mampu mencapai nada-nada tinggi.

5. EXPRESSIVENESS (PENJIWAAN)Nilai : 1 - 10
Pada aspek EXPRESSIVENESS ini, hal yang dinilai adalah sebaik apa atau semampu apa seorang penyanyi menyampaikan makna atau isi lagu yang ia nyanyikan dengan penuh penjiwaan atau penuh penghayatan. Tanpa harus mengerti arti kata atau bahasa yang dinyanyikan penyanyi tersebut, pendengar mampu menangkap sinyal-sinyal atau pesan apa yang penyanyi kirimkan lewat lagu tersebut.
YAP, CUKUP SEKIAN untuk pembahasan ke-5 aspek tersebut!Tanpa basa-basi lagi, berikut ini hasilnya...

Berdasarkan hasil di atas ada beberapa hal lain yang dapat kita simpulkan, yaitu :
1. JUNSU JYJ2. JAEJOONG JYJ3. ACE PARAN4. TAEYANG BIGBANG5. HONGKI F.T.ISLAND6. JONGHYUN SHINee7. CHANGMIN 2AM8. YONGHWA C.N.BLUE9. G.O MBLAQ10. ONEW SHINee11. KYUHYUN SUPER JUNIOR12. YOUNGSAENG SS50113. YESUNG SUPER JUNIOR14. JOKWON 2AM15. RYEOWOOK SUPER JUNIOR16. CHANGMIN TVXQ17. SOOHYUN U-KISS18. YOSEOB BEAST19. YOOCHUN JYJ20. JONGHYUN C.N.BLUE21. JUNSU 2PM22. DAESUNG BIGBANG23. SANDEUL B1A424. SEULONG 2AM25. SUNGMIN SUPER JUNIOR26. TAEMIN SHINee27. NIEL TEEN TOP28. YUNHO TVXQ29. JINWOON 2AM30. KEY SHINee31. SEUNGRI BIGBANG

5 besar Grup (Boyband / Band) dengan KUALITAS VOKAL TERBAIK :

TVXQ (5 anggota) (1 - 2 - 10 - 11 - 16)JYJ (1 - 2 - 11)2AM (4 - 8 -12 - 16)SHINee (4 - 6 - 14 - 16)F.T.Island (4)BIGBANG (3 - 12 - 17)C.N.BLUE (7 - 11)Super Junior K.R.Y (7 - 7 - 9)Super Junior (7 - 7 - 9 - 13)

Penyanyi dengan "WARNA SUARA" terbaik :

Juara :~ Lee Hong Ki (F.T. Island)Runner Up :~ Junsu (JYJ)~ Taeyang (Big Bang)~ Onew (SHINee)

Penyanyi dengan "KEMAMPUAN MENCAPAI NADA TINGGI" terbaik :

Juara :~ Ace (PARAN)~ Changmin (2AM)~ Jonghyun (SHINee)~ Changmin (TVXQ)Runner Up :~ Jaejoong (JYJ)

Penyanyi dengan "TEKNIK VOKAL" terbaik :

Juara :~ Junsu (JYJ)~ Changmin (2AM)Runner Up :~ Jaejoong (JYJ)~ Ace (PARAN)~ Taeyang (Big Bang)~ Jonghyun (SHINee)~ G.O (MBLAQ)~ Jokwon (2AM)

Penyanyi dengan "JANGKAUAN NADA" terbaik :

Juara :~ Jaejoong (JYJ)~ Changmin (TVXQ)Runner Up :~ Ace (PARAN)

Penyanyi dengan "PENJIWAAN LAGU" terbaik :

Juara :~ Junsu (JYJ)~ Taeyang (Big Bang)Runner Up :~ Jaejoong (JYJ)~ Jokwon (2AM)

3 komentar:

  1. hallo... boleh tau sumber artikel ini dari mana ya? mau ijin share soalnya (dlm bhs inggris). Jadi pengen tau sumber aslinya dari mana.. ntar dicredit ke kamu jg kok, makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ngambil artikel ini dari facebook, tapi yang asli dari ini : http://angkasahijau.blogspot.com/2012/05/31-penyanyi-pria-terbaik-di-korea.html .

      Hapus
  2. Yesung SJ kalah sama Junior.nya [ jonghyun SHINee, Onew SHINee ]

    Kyuhyun no. 11, kenapa Yesung no. 13 ..

    Padahal lead vocal no.1 di Super Junior kan Yesung ..????

    BalasHapus